Well, 6 bulan lalu kendra ( 20 m) mulai berkenalan dengan karakter Dora. Iya, si Dora yang berpetualang dengan sobatnya si monkey Booth dan suka bilang Berhasil, Berhasil itu. Ceritanya akung Kendra beliin CD dora… iseng iseng kami putarkan. Awalnya gak terlalu ngarep dia suka karena saat itu dia lagi suka sama koleksi Diva. Terutama sama lagu burung kakak tua yang dinyanyiin Diva, idola banget deh. Orang kalimat 3 kata pertama dia adalah “Burung kakak tua”, selanjutnya kalimat 6 kata pertama dia “Burung kakak tua hinggap di jendela” . Tapii ternyata kendra terkesan dengan Dora.. dan “widili” nya (we did it).

Alhamdulillah, selama mendampingi kendra nonton Dora, aku dan suami sepakat kalau film aktraktif dora ini baik sekaligus menyenangkan. Melalui petualangannya bersama Booth, anak di ajak mengenali berbagai konsep. Seperti angka, huruf, warna, ukuran bahkan bahasa. Ada beberapa karakter didalamnya yang bisanya berbahasa Spanyol. Jadi dora pun kalau mau nyapa dan minta tolong akan menggunakan bahasa Spanyol. Seru…

Selain itu, karakter dora juga memberikan pengaruh nilai keceriaan, keberanian, penolong sekaligus cerdas. Pada saat mau mulai petulangan dia dan booth akan menyanyikan jinggle nya yang ada kata2.. “come on lets get to it, i know that we can do it“. Positif kan. Trus kalau mau melakukan sesuatu dia akan mengajak “kita” sebagai penonton untuk membantu dengan menggunakan kata permintaan tolong yang sopan. Kalau ada temen Dora yang lg kesulitan, dia akan bilang “don’t worry, we will help u to …. “. Dan kalau sudah sukses dengan misinya, di akhir petualangan mereka bersama sama akan bilang “yeaa we did it, we did it”. Menuruku, selain ekspresi gembira, kalimat “we did it” itu juga mengajarkan anak dan kita terhadap bentuk apresiasi pencapaian.

Dan sejak saat itu, bunda dan ayahnya jadi termotivasi untuk medapatkan (membeli) barang2 dengan gambar Dora untuk menyemangati belajar (dan bermain)-nya. Barang ber’Dora’ dia yang pertama itu piyama Gap Dora. Gak nyangka efeknya dramatis. Setelah paket dibongkar, dan liat isinya, dia langsung mau dipakaikan. Trus waktu mau dibuka, gak diijinin karna dia ngotot mau dipake bobo. Keesokannya, kalau mau tidur, nyari baju doranya. Kalau di bilang lg dicuci, dia ngekeh mau liat buktinya bahwa baju itu teronggok di ember ataupun tergantung di jemuran. Olala… Dia sayang sekali sama baju itu sampai sampai kalo bajunya ketetesan air minum dia sedih.

Langsung momen tersebut kita pakai buat ngasi semangat dia belajar minum dari gelas dengan baik. Hehe, selama ini dah bisa sih minum dari gelas megang ndiri, tapi masih suka nyul-nyulan sampe netes netes. Nah pas dia pake baju dora dan airnya netes, dia jadi sedih.. trus kita semangatin sambil unjukin caranya supaya gak tumpah. Pas kendra berhasil, dia senyum senyum senang sambil bilang “ber’acil ber’acil, air nya gak tumpah”.

Pelajaran berlanjut sampai ke toilet training. Sebelumnya kendra sudah dilatih untuk pee di kamar mandi. Meskipun dah mulai bisa ngendaliin pee-nya, terkadang kejadian juga bocor karna dia gak bilang mau pee. Trus kita kasi tau deh “Nanti kalau mau pipis bilang ya, supaya celana doranya gak kena pipis, kasian lo doranya”… Alhamdulillah, it works. Pas mau pipis, kendra langsung teriak “mo Pipiiiiis. Ayo cepat bunda buka celananya, biar gak basah” hehe.. senangnya…

Masih ada lagi. Lagu lagu yang dia apal juga nambah. Kali ini lagu-lagu nursery rhymes. Dulu tuh waktu diputerin lagu anak anak berbahasa Inggris, dia cuek. Sejak Dora nyanyi lagu twinkle twinkle, Kendra langsung bersemangat ngapalin lagunya. Nah waktu CD yang dulu diputerin lagi, dia senyum senyum merasa aneh dora nyanyiin lagu yang sama. hehe.. Di youtube ada koleksi lagu-lagu dari http://www.supersimplelearning.com yang jadi favorit kita.. Langsung deh jadi santapan Kendra… lucuu sekali dengerin dia nyayi lagu-lagu berbahasa inggris itu.. hehe keresimpet sana sini tapi pedee..

Nah ini sebagian koleksi Dora nya Kendra..