Hai ibu-ibu…

Saya kali ini mau ulas tentang clodi. Alhadulillah program kami “clodi for eco balance” sukses. Program apa itu? hehe sesuai namanya, itu adalah program pemanfaatan clodi untuk keseimbangan eco ( baca:ekosistem dan ekonomi). Intinya, aman bagi lingkungan sekaligus aman buat kantong ayah bundanya🙂. Saat ini sudah 1 bulan sejak Kenzie mulai konsisten dipakaikan clodi, kecuali tidur malam. Kenzie keliatan nyaman dan kami sebagai orang tuanya jadi lebih nyaman lagi😛

Sebelum memulai program, saya survei dulu (baca : gugling). Baca-baca ulasan tentang pemakaian berbagai merek clodi, plus minus produknya, kecocokan sama anaknya dan tentu juga harganya. Dapat info yang lengkap dan ulasannya panjang dari sinisini dan sini. Semuanya dari theurbanmama.com.

Oya, saya juga menghitung terlebih dahulu berapa jumlah clodi yang ‘aman’ untuk stok jika ingin dipakai sepanjang hari. Saat ini saya sudah punya 9 buah clodi bekas lungsuran dari kakaknya kenzie. Kalau clodi diganti setiap 3 jam sekali, berarti sepanjang hari butuh 4 buah ( misal pakai pada jam 7,10,1 dan 4 sore). Tambahkan ekstra 1 buah untuk jaga2 apabila si bayi BAB. Jadi anggaplah aman stoknya 5 untuk sepanjang hari. Nah, jika hari ini pake 5, maka perlu sedia 5 lagi untuk hari ke-2. Dengan asumsi semua clodi yang telah dipakai hari-1 dan dicuci pada hari ke-2 kering semua, maka untuk hari ke-3 sudah tersedia 5 clodi lagi untuk dipakai. Jadi total yang diperlukan sebanyak 10 buah. hehe ini itung2an mepet lho. Kenapa mepet, lha kalo anaknya cuman BAB 1 kali sehari, kalau lebih??. Trus kalau ujan lagi datang terus2an kan clodinya jadi gak kering2 tuh. Karna itu, menurut saya akan aman kalau setidaknya punya 15 buah. Jadi dengan perhitungan ini saya perlu menamba clodi setengah lusin lagi.

Saya belanjanya di kiosclodi.com karena dah ngincer pengen beli babyland bamboo yang motif dan ditoko ini bisa beli dengan harga grosir. Beli 6 pcs dapat harga 65.000 (harga eceran antara 80-85rb). Selain itu beli cluebebe juga yang sebenarnya gak diskon tapi di korting 10% ma tokonya. hehe seneng banget.

Baiklah, saya mo review clodi berdasarkan pengalaman dipakai sama kendra dan kenzie yaa…

Coolababy (Impor Cina) Ini merek Clodi lama lungsuran dari kakak. Dulu beli ini karna suka sama bahan bamboonya. Cuting nya pas. Kualitasnya bagus, gak terlalu gembung (pake 1 insert ya). Bahan PUL outernya bagus, gak ngerembes tapi rada kaku jika dibanding GG atau babyland yang lebih murah.

Babyland (Impor Cina). Cutting nya pas di paha dan pinggang. Snap yang di pingganya banyak jadi opsi untuk ngepasinya lebih banyak. Selain insertnya, daleman outernya juga berbahan bamboo, jadi lebih halus dan cepat nyerep basah. Bahan outernya tidak kaku, jadi gak bikin bunyi kresek2 gitu. Pakai 1 insert bisa tahan 3 jam lebih, basahnya gak ngerembes ke luar dan lapisan dalam outernya pun gak lembab. Menurut saya, kualitasnya sama dengan Coolababy bamboo dan lebih lucu karna dah ada motifnya. Overall, suka banget sama yang ini, lebih2 karna dapat harga yang pas😛

GG (Lokal). Insertnya belum bamboo jadi agak cepet lembab. Outernya halus dan lemes. Tapi sayang kualitas waterproof dari PULnya kurang bagus.

Cluebebe (lokal) Terus terang beli ini karna naksir motifnya hehe, warnanya soft dan motifnya tuh semi vintage gitu. Karna reviewnya pun bagus, maka dijajalah pakai produk dalam negeri ini. Saya beli yang seri large yang ada leg gussetnya (supaya gak gampang merembes lewat samping). Puas pake cluebebe. Motif ok, kualitas inner dan outernya ok. hehe tapi sayang, ada barang ada harga… masih selisih sekian ribu sama babyland..

Jadi kesimpulannya, dari merek-merek yang sudah dicoba saya paling puas sama Babyland. Kualitas dan harganya ok😛. Apalagi karna motif yang saya suka tersedia dalam versi snap. Saya agak kasian memakaikan clodi yang velcro ke kezie secara perutnya agak gembul. Pas duduk, bahan velcro itu bersentuhan dengan kulitnya, jadi suka merah merah gitu.

InsyaAllah foto-foto bisa menyusul. hehe supaya ibu2 yang mau belanja clodi bisa lebih teryakinkan. Terus terang saya juga gitu. Setelah liat foto anak pakai clodi merek tertentu di blog2 review, trus liat cuttingnya di badan anak baru deh bisa mutusin suka atau nggak.

clodi, cloth diapers, coolababy
clodi, cloth diapers, coolababy
clodi, babyland
clodi, babyland

 

salam sayang