Finger Paint dan Homemade Play Dough

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui..Pepatah yg tepat untuk menggambarkan aktivitas bermain kami beberapa bulan yg lalu.

Permainan pertama

Jd ceritanya aku ingin mengajak anak anak berfinger paint ria. Pakai kertas bekas yg kosong sebagai kanvasnya, pakai pewarna makanan untuk cetnya.. Kendra senang sekali dapat tugas mengencerkan warnanya. Aduk mengaduk memang favoritnya selama ini. Karna mainnya juga sama kenzie(10m) maka cetnya dituang ke wadah yang besar biar lebih aman. Lalu mulailah bunda menunjukkan caranya beraksi dengan catnya.. Hehe gak hanya jari melainkan setelapak-telapaknya nyemplung semua..truuus.. plak..cetak ke kertasnya… Jadilah cetakan tangan bunda.. Awalnya kendra dan kenzie keliatan ragu karna ngeliat tangan bunda yg belepotan…lama lama.. Rebutan nyemplungin tangan.. Seru..kendra asik membuat cetakan tangan yg berbeda sementara kenzie lebih asik mengamati tangannya yg belepotan..

Permainan ke-2

Setelah kertas kita penuh, aku ajak kendra main aduk aduk lagi. Kali ini sisa cat dicampur tepung dan minyak goreng menjadi adonan malam atau dough.. Adon mengadon bunda yg kerjain. Berat juga kan lama lama ngadonnya.
Selesai diadon, masukin freezer bentar.. beberapa saat kemudian.. pesta siap dimulai..hehhe
Karna anak” blm ngerti dough sebelumnya, bundanya harus nunjukin dulu ‘barang’ ini gmm maininnya. Waktu itu pewarna yang dicampur ke adonan adalah warna hijau, jadi bisa dijadiin sayur”an boongan. Aku bilang pura puranya ini kacang panjang, trus aku ajarin cara milin milinnya supaya jadi panjang… trus pas udah jadi.. dicontohin lagi cara potong-potongnya. Dua-duanya menyimak dengan seksama.. hehe.. Baru pas bundanya bilang.. ayu kita bikiin.. langsung deh pada ambi perkakas masing masing… Kendra yang emang hobi main masak masakan keliatan banget seneng bisa iris iris sesuatu yang benar benar kepotong. Adeknya yang masih dalam tahap eksplorasi benda keliatan ‘sibuk’ menikmati tekstur dough nya… kenyal kenyal lengket gimana gitu kaan… suka deh ngeliatin wajahnya…

So much fun, liat anak anak berkreasi dan berhayal gitu..  Mudah, murah dan menyenangkan… worth to try lah.. ^_^

Resep doughnya liat di sini. Di urbanmam juga pernah ada yang ngepost koq..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s